Memulai Semangat Menulis

Sebagian orang termasuk saya menganggap pekerjaan menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Menulis membutuhkan teknik tertentu sehingga pesan yang ada dalam tulisan dapat tersampaikan dengan baik. Meskipun hanya bermodal selembar kertas dan pensil atau bahkan cukup dengan duduk di depan komputer ternyata menulis tidak semudah yang dibayangkan. Hampir kebanyakan orang terkendala dalam menyampaiakan ide melalui tulisan mereka. Sehingga tak jarang mereka terhenti dan melamun di depan komputer atau hanya berakhir dengan coretan yang tidak jelas.

Apa pentingnya menulis? Mengapa pekerjaan ini perlu ditanamkan sejak dini? Tidak semua orang menyadari bahwa menulis adalah pekerjaan yang perlu dilakukan dan dilatih terus menerus. Dengan menulis maka seseorang dapat menginformasikan, mendidik, mengajak, atau pun menghibur pembacanya. Dalam dunia pendidikan menulis sudah menjadi sebuah kewajiban. Liat saja dalam banyak lowongan beasiswa baik dalam maupun luar negeri mensyaratkan kemampuan menulis dalam pembuatan CV/ resume, motivasi, dan lain sebagainya. Di samping itu dalam kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun perkuliahan semua tidak dapat dilepaskan dari kegiatan menulis seperti membuat laporan ataupun karya tulis. Semua orang pasti dapat menulis tapi hanya orag-orang tertentu yang mau berlatih keras yang dapat menghasilkan tulisan yang baik. Tulisan yang baik tentunya menarik untuk dibaca dan ringkas. Dengan demikian pembaca dengan mudah memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Untuk membuat sebuah tulisan yang menarik diperlukan latihan yang terus menerus. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk terus meningkatkan semangat kita dalam menulis yaitu

  1. Menyadari bahwa menulis mendatangkan banyak keuntungan baik secara materi maupun non materi dengan semakin banyaknya informasi yang kita sampaikan.
  2. Penulis yang baik diawali dari pembaca yang baik. Dengan banyak membaca maka kemampuan kita menyerap informasi semakin banyak sehingga akan memperkaya tulisan kita.
  3. Memilih tema tulisan yang sesuai dengan passion kita. Menulis tentang apa yang kita sukai akan menjadi penyemangat dalam diri kita. Maka dari itu, mulailah memilih ide tulisan yang mendorong semangat untuk menuangkan ide tersebut dalam tulisna yang menarik.
  4. Memperkaya ide tulisan dengan sering berkunjung ke banyak tempat (travelling). Hampir sebagian besar penulis menyukai kegiatan traveling. Hal ini dikarenakan dengan bepergian ke banyak tempat maka ide-ide tulisan mereka akan semakin berkembang. Selain itu traveling juga dapat menyegarkan pikiran sehingga membantu seorang penulis dalam menyelesaikan tulisan mereka.
  5. Bergabung dengan komunitas penulis. Bergabung dengan komunitas penulis yang sering menyelenggarakan kegiatan akan mendorong kita semakin bersemangat menulis. Di samping itu kegiatan sharing antar penulis dapat meningkatkan mutu tulisan kita.



SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar